Kamis, 17 Mei 2018

Mengatasi Katana Overheat Pasang Fan Karimun

pengalaman pribadi mengatasi mesin katana yg overheat.
Sudah beberapa kali katana kesayangan gx 1995, saat kena macet di cuaca panas mesin langsung ngedrop,  rpm naik turun dan akhirnya mati sendiri.
Puncaknya saat pulang dari KB Ragunan melewati Situ Gintung ke arah UIN Ciputat,  sekitar jam 1 siang panas terik dan yg pasti macet. Katana langsung drop,  rpm kacau dan akhirnya mati. Sambil coba di stater hidup lagi tapi ga lama mati lagi,  akhirnya sy putuskan minggir dulu buat ngademin mesin. Kapok dg kejadian ini akhirnya sy putuskan beli fan karimun di toko sparepart seharga Rp 1.075.000,- . Fan ini di motornya ada 4 kabel sehingga putaran nya sangat kencang alias double speed.  Dari beberapa sumber dengan fan ini katanya bisa mengatasi overheat.

Berikut beberapa kali uji coba pemasangan nya:

1. Berdasarkan  Info dari beberapa sumber kalau dipasang buat ganti fan mesin bawaan mobil,  hasilnya bagus hanya disaat macet saja. Saat di kecepatan tinggi mesin bisa overheat lagi karena electric fan karimun ini tidak mampu mendinginkan mesin saat rpm tinggi. Apalagi fan electric  ini juga bisa mati tiba-tiba baik karena rusak ataupun karena faktor sikring dan relay yang bermasalah karena putus ataupun kendor. Bisa dibayangkan jika nantinya fan mesin satu-satunya mati. Jadi saya putuskan pasang fan ini sebagai pengganti fan AC saja,  fan yang di mesin biarkan saja tetap berfungsi.

2. Fan AC bawaan mobil saya lepas, dan diganti dg electric fan karimun. Tips ini kata beberapa sumber bisa mengatasi overheat. Pemasanganya memang lumayan susah karena tempatnya sempit. Grill Dan bumper depan dilepas, dan kipas dimasukan dari bawah. Kupingan lubang bautnya di lipat supaya pas dengan lubang baut di bodi mobil.
Gambar 1. fan ac di lepas 

Gambar 2. Fan baru punya karimun dipasang

Dari gambar 2 terlihat kalau arah baling-baling mengarah/menghadap ke depan mobil tidak mengarah ke kondensor AC. Karena fan ini dirancang untuk dipasang menempel di belakang radiator. Jadi saat dipasang di depan kondensor Ac arah baling-baling jadi menghadap ke depan mobil.

Setelah pemasangan selesai lalu soket dari fan karimun baru langsung dipasang ke soket fan ac bawaan mobil karena memang bentuk soketnya sudah sama. Mesinpun dihidupkan dan ac dinyalakan. Ternyata angin dari fan ini sangat kencang, tapi sayang arah hembusan angin nya ke depan mobil, bukan mengarah ke kondensor ac.

Akhirnya mobil di matikan dan kabel di soket dibalik,  supaya baling baling berputar ke arah sebaliknya sehingga angin mengarah ke kondensor ac. Setelah kabel soket dibalik dan mobil kembali dihidupkan dan ac dinyalakan, hembusan angin sudah tidak mengarah ke depan mobil tapi mengarah ke kondensor ac. Tapi hembusan angin yg dihasilkan tak sekuat saat kabel belum di balik, dan suaranya juga lebih berisik/dengung karena arah kemiringan daun kipas tidak sesuai.

Dari hasil ini saya tidak puas karena ternyata tidak maksimal,  karena hari sudah sore,  akhirnya sy sudahi dan gril dipasang,  tinggal di tes besoknya saat panas.

3. Keesokan harinya saya bawa melewati pasar Parung yg macet,  ternyata hasilnya benar tidak sesuai harapan. Mesin masih overheat dan tenaga ngedrop lagi. Pasti ini karena hembusan angin si fan karimun ini belom maksimal karena arah putar kipas dibalik.

4. Sore hari setelah pulang kerja langsung sy bongkar lagi fan karimun  ini. Saya amat amati bagaimana caranya supaya arah baling baling kipas nya mengarah ke kondensor ac.

5. Jalan satu satunya yg saya temukan adalah dengan memotong bagian as baling baling dan memindahkannya ke sisi sebaliknya. Saya langsung potong as baling baling dengan mesin gerinda lalu dipasang di sisi sebaliknya. Penyambungan kedua bagian ini dengan lem aibon, dan untuk menambah kuat lagi, sambungannya di tutup dengan lem Dexton plastic steel.  Hasilnya sangat kuat karena lem dexton ini menempel sangat kuat di bahan plastik.

Gambar 3. Baling baling sudah dipotong

Gambar 4. Kedua bagian di olesi lem aibon



Gambar 5. Kedua bagian sudah disatukan dengan lem
(setelah tahap ini sambungan ditutup lagi dengan lem Dexton tapi maaf lupa memfoto sehinggan tidak dapat mencatumkan gambarnya)

Gambar 6. Setelah lem kering, baling-baling kembali dipasang ke motor fan

6. Setelah pemasangan selesai kabel soket pun dipasang lagi.  Mobil dan ac dihidupkan, hasilnya wusss mantap, arah hembusan angin sudah mengarah ke kondensor ac,  dan saking kencangnya angin sampe bisa dirasakan di balik radiator.  Dgn hasil ini cukup puas karena angin dari fan karimun ini sudah benar-benar kencang dan karena baling baling sudah mengarah ke dalam,  putaran fan jadi tidak dengung lagi dan yg pasti anginya meniup ke arah kondensor ac dengan sangat kencang bahkan tembus ke radiator. Dari gambar berikut terlihat arah baling baling sudah mengarah ke dalam,  beda dengan sebelum asnya dipindahkan baling baling mengarah ke depan mobil. 

Gambar 7. Setelah baling-baling di modifikasi, 
fan kembali dipasang ke body mobil, arah putar yang benar adalah ke kanan.

7. Keesokan harinya sy bawa lagi ke kemacetan dan panas terik. Hasilnya mantap,  mesin tidak overheat lagi karena tiupan fan ini,  bisa menembus kondensor ac dan meniup radiator juga, sehingga mesin punya 2 pendingin. Pertama pendingin dari kipas mesin yang arah anginyaa mengarah ke mesin, kedua fan elektrik karimun yang juga mendinginkan radiator. Jarum indikator suhu mentok di seperempat tidak naik lagi di kemacetan dan cuaca panas. 

8. Setelah pulang iseng iseng menyalakan mobil dan ac, lalu saya menghubungkan kabel langsung dari positif aki ke kabel positif di soket fan ac,  ternyata putaran kipas nya jauh lebih kenceng lagi.  Kesimpulanya, listrik yang dari kabel fan ac bawaan mobil tidak sekuat klw langsung diambil dari aki.  Akhirnya, saya pasang relay dan sikring supaya fan karimun ini mendapat listrik langsung dari aki sementara kabel arus yang dari soket bawaan dijadikan switch nya.

9. Hasilnya lebih baik lagi karena angin jauh lebih kencang dari sebelumnya. Setelah di tes lagi di kemacetan.  Jarum indikator suhu mentok dibawah seperempat, hanya lewat sedikit dari garis bawah. Dan ac juga lebih dingin walaupun cuaca panas. Logikanya walaupun mobil berhenti diam tapi karena tiupan fan ini sangat kencang jadi seolah-olah mobil berjalan. 

Gambar 8. Skema pemasangan Rellay supaya fan menyala bersamaan dengan AC hidup

10. Dengan pemasangan instalasi mengikuti Gambar 8, maka fan akan otomatis menyala saat AC dihidupkan, jadi benar-benar berfungsi seperti fan ac bawaan mobil.


Gambar 9. Sekma Rellay supaya fan dapat menyala dengan dua pilihan : bersamaan AC dan hidup secara manual 

11. Dengan mengikuti skema pemasangan pada Gambar 9. Fan dapat menyala bersamaan AC hidup, atau bisa juga dinyalakan manual tanpa AC hidup, tinggal memilih pengaturan pada sakelar toggle yang dipasang di dashboard mobil. Mungkin ini dipilih jika mesin mobil benar-benar overheat sehingga fan bisa dinyalakan tanpa menghidupkan AC.

Saya sendiri memilih instalasi seperti di gambar 9. Jadi fan bisa di nyalakan tanpa harus menghidupkan ac,  dan bisa juga menghidupkan ac tanpa menyalakan fan saat kondisi hujan. Karena saat hujan kondensor sudah dingin jadi fan dimatikan juga tidak masalah. 

Posisi saklar pilih

Indikator suhu saat macet dg AC hidup

Ini mungkin bukan satu satunya cara untuk mengatasi overheat mesin katana, tapi dengan cara ini katana saya bebas overheat dan plus nya adalah AC nya menjadi lebih dingin meskipun panas terik Dan macet. Berbeda sebelum saya pasang fan, kalau cuaca  panas ac nya ga berasa dingin.


Alhamdulillah.....





49 komentar:

  1. Om, katana saya pake aki 60A, apakah cukup untuk EF? rencana on/off fan nya manual, seperti skema 9. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang penting jumlah EF hanya 1 tetap kuat, kecuali ada 2 EF

      Hapus
  2. Salam Kenal Bang Tusam. Aku sudah menggunakan Extra Fan Suzuki Karimun dari tahun 2012 an. Memang lumayan membantu merendahkan suhu yang tiba naik di saat bermacet Ria. Tapi menurut saya ada kelemahannya modikfikasi denga extra fan deng thermoswitch ini, Thermoswitch bisa error tanpa memberi tanda2 awal kerusakannya. Ini yang jadi kendala saat kita akan pergi jauh. Aku pernah mengalaminya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga bang, terima kasih sudah berbagi pengalaman. Thermoswitch memang perlu dipasang kalau fan karimun dipakai buat menggantikan fan mesin. tapi karena saya menggunakan fan karimun buat menggantikan fan AC jadi tidak perlu pasang karena jalur AC sudah ada switch nya.

      Hapus
    2. Betul bnaget om....salam kenal dari natuna om

      Hapus
  3. Salam kenal om, terimakasih infonya, sy mmg blm pny katana tp ada rencana mau ganti katana tp baca2 kekurangan katana ac kurang dingin dan mudah over heat, stlh membaca ini jd sdkt lega ternyata ada solusinya.

    BalasHapus
  4. mo nanya jg. EF karimun klo ga salah ada dua kecepatan. berarti yg mas Tusam pasang ini berlakuin 2 kecepatan itu ato bagaimn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kabel yg dari motor kalau ga salah ada 4 kabel tapi pas di soket nya udah disatukan hanya 2 kabel yaitu merah + dan hitam -

      Hapus
  5. pada soket bawaan fan kan dari sananya sudah terhubung empat kabel dari motor, jadi kalau tidak ada kabel yg di lepas maka fan hidup double speed.

    BalasHapus
  6. malam pa, itu yg di dasboard mobil brarti ada 3switch ya?atas tengah bawah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya : atas :jika ingin fan hidup bersamaan ac hidup (default)
      tengah : fan mati
      bawah : fan hidup secara manual walaupun ac sedang mati

      Hapus
  7. ya menggunakan sakelar dengan 3 kaki yang off nya di tengah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pakai bawah : fan hidup terus secara manual saat macet tp ac jg dihidupkan tetap bisa kan ya ? Coba om jual yg sudah modif kipas extra fannya...

      Hapus
  8. Brarti sy salah beli saklar, soalnya ngikutin skema 9, begitu ac nyala fan ga ikut nyala, harus manual on dari saklar, begitu kompresor ac mati, fan tetep nyala harus manual off dari saklar

    BalasHapus
  9. Maaf om salam kenal, kenapa katana saya ketika kecepatan tinggi malah naik temperatur nya yah, udah pakai ef... Tapi ketika macet alhamdulillah normal di bawah... Makasih om...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ef nya di radiator atau di kondensor ac?

      Hapus
    2. pasang EF nya di depan kondensor AC mas

      Hapus
    3. Thermoswitchnya pake yg suhu brp klo on?trus pake thermostat g?

      Hapus
    4. thermostat tetap pake mas. tapi bukan thermoswitch ya

      Hapus
    5. urun nimbrung Om

      kipas mesin saya sudah pakai EF Karimun juga. kemarin di depan kondensor sempat dipasang kipas elektrik 12 inci aftermarket tapi yang terjadi malah engine lebih cepat overheat ketika macet atau RPM tinggi.
      singkat cerita setelah saya coba beberapa kombinasi pengaktifan kipas ternyata mesin lebih adem kalau kipas kondensornya malah dimatikan aja. kesimpulan saya, kipas 12 inci ini malah mem-block debit udara yang diperlukan oleh hisapan kipas EF karimun buat mesin.
      kipas 12" ini saya lepas dan ganti dengan kipas 8" yang saya posisikan seujung mungkin di depan kondensor dengan harapan aliran udara yang diperlukan oleh kipas EF mesin tidak terlalu terhalang.
      hasilnya bisalah nyalain AC tanpa mesin overheat selama 5 menitan sebelum jarum indikator mulai menanjak menuju overheat.
      gejala panas di rpm tinggi ini juga saya rasakan berhubung final gear sudah diganti ke rasio 8:41, jadi emang kalo mau kecepatan "agak" tinggi rpm harus tinggi pula (untuk 90 KPH di sekitar 4000 rpm). dengan kelajuan konstan di rpm ini, tanpa ac nyala memang mesin cenderung lebih panas, bisa sampai 3/4 di indikator panas mesin tapi bisa cepat balik ke normal kalo rpm mesin diturunkan.

      yang masih jadi masalah tinggal gak bisa berlama2 nyalain AC dan untuk ini saya mau mainkan referensi pasang ef di depan seperti share dari Om Tusam

      sebagai referensi katana saya GX'94
      * mesin standard
      * baru turun mesin, di oversize 1.00
      * pompa air radiator diganti sekalian
      * pipa2 radiator baru
      * radiator bawaan diganti ke radiator alumunium 2 ply
      * cairan radiator pakai prestone
      * AC bawaan di swap komplit dengan AC xenia 1000
      * alternator di-upgrade ke 140 Ampere
      * thermostat terpasang

      oversize 1.00, alternator yang 2x labih besar dan ac yang lebih besar ini juga saya yakini menyumbang pada pemanasan mesin yang berlebih sehingga pendinginan extra juga diperlukan.

      mudah2an metode dari artikel Om Tusam bisa berjaya mengatasi masalah saya, Aamiiiin

      Hapus
  10. Salam kenal .
    Saya mencoba mengganti fgan bawaan mobil dengan ex Karimun .al hasil temperatur dibawah 1/2 walaupun kena macet . Ada solusi lain kah untuk menurunkan temperatur yang 1/2

    BalasHapus
  11. kenapa harus ganti dg extra fan karimun ya? kalo misalnya mengganti motor yg lebih kuat plus nambah jumlah bilah extra fan bawaan katana apa masih kurang kuat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mau ganti motor nya aja berarti harus nyari motor fan yg bodinya sesuai dengan bilah kipas bawaan katana, saya ga nemu.

      Hapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Lokasi dimana om,tertarik nih, ef dah punya tp mash bingung masangnya maklum pemula

    BalasHapus
  14. semisal motor fan karimun dipasang ke fan depan kondensor bisa gak om? bilah kipas, dudukan masih bawaan. diganti hanya motornya saja

    BalasHapus
  15. Om sebelum pakai fan karimun, dulu fan ac nya masih nyala gk punya sampean. Trims.

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. Om boleh minta nomor WA? Mau tanya2 lebih mendalam maaf saya baru pemula

    BalasHapus
  18. Mas masih info nya
    Proses grenda kepala fan sangat riskan ya. Apakah hasilnya masih balance ?.
    Boleh sharing detail proses pengeleman nya mas? Karena butuh ketelitian sy kwaatir fan lepas.
    Btw udah brp lama usia fan tidak masalah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. proses pemotongan ga susah om, bikin aja garis buat patokan pas motong. buat pengeleman memang saya lupa foto waktu itu. intinya ada dua lem, pertama lem aibon dulu buat menyatukan dua potongan, selanjutnya sambungan tadi ditutup dengan lem dexton di kedua sisinya luar dan dalam. dijamin kuat.

      Hapus
  19. sudah 2 tahu ga ada masalah om

    BalasHapus
  20. om saya tinggal di citayam Karimun saya sekarang bermasalah juga sering over heat dimana ya tempat service yg terdekat

    BalasHapus
  21. Oom Tusam, dalam modifikasi seperti anda tsb, mohon info untuk Accu & Altenator yang digunakan di Katana anda ukuran berapa masing2 ?? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. accu dan alternator masih bawaan om, standar

      Hapus
  22. Om.mau tanya dinamo pengisian katana.berapa amper

    BalasHapus
    Balasan
    1. katana saya masih bawaan om. klw gasalah 40 ampere

      Hapus
  23. Om artikel sangat membantu.., oh iya dengan melepas kipas bawaan radiator dan mengganti dgn fan karimun ini, bisa gak dibuat fan otomatis on (AC off) ketika suhu ideal mesin tercapai. Dan ketika AC on fan ini juga berfungsi tanpa menggunakan switch tambahan.

    Skema jalur kelistrikannya bagaimana ya om? Mohon dibantu. Trimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. thermostat nya diganti dgn yg ada switchnya om, jadi switch ini yg mengatur otomaatis kapan kipas hidup dan mati sesuai suhu mesin

      Hapus
  24. Sangat membantu walaupun belum paham sepenuhnya...maklum pemula om trimakasih

    BalasHapus
  25. Klo sickide. Pakek extrafans nya karimun masiih perlu di rubah om

    BalasHapus
  26. Ijin share ilmunya ya mas...

    BalasHapus
  27. Assalaamu 'alaikum,

    terima kasih atas sharenya, insya Allah mau saya coba di GX'94 saya.

    ijin bertanya, Om. seandainya kipas karimun-nya ini saya pasang di antara kondensor dan radiator (bukan di depan seperti yang om mainkan) apakah kira2 space-nya cukup, Om?
    dengan pemasangan di sela2, kira2 apakah kondensor AC masih perlu kipas juga (kalau muat)?
    mana tahu Om pernah juga riset tentang ini.

    terima kasih

    BalasHapus
  28. makasih sharing nya om tusam,,,ini mau saya coba di sidekick sy,,,kalau macet pasti suhu naik, otomatis dingi ac hilang,,,mkasih ya smiga berhasil

    BalasHapus
  29. oya mau tanya,,itu kan kipas dibalik dan dilem dua sisi apakah sekarang masih bertahan dan bagus? mksh

    BalasHapus